Pages

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot

Komputer lemot mungkin seringkali membuat penggunanya merasa kesal. Bagaimana tidak, pekerjaan yang harusnya bisa cepat selesai menjadi tertunda karena kinerja komputer yang sangat lambat. Penyebab komputer atau laptop lelet ini sangat beragam. Berikut adalah beberapa penyebab umum komputer menjadi lemot.

komputer lemot


  1. Spesifikasi Komputer Rendah
    Periksa, apakah spesifikasi komputer anda sesuai dengan perubahan jaman?, pastikan anda memiliki komputer minimal processor dual core, dan ram 2GB. Processor dual core sangat beragam, mulai dari yang murah, sampai yang mahal. Tapi jangan salah, dual core bukanlah nama, melainkan sebutan untuk komputer yang memiliki dua core CPU, core i3 pun juga termasuk dual core, intel pentium, amd a4, atlhon x2, dan masih banyak lagi cpu dengan dua core processor

  2. Terlalu Banyak Program yang Berjalan
    Nah ini merupakan kasus yang sangat umum. pengguna komputer awam seringkali asal dalam melakukan instalasi software, akibatnya software yang terinstall menjadi menumpuk dan ketika komputer dihidupkan, program-programtersebut berjalan secara bersamaan yang membuat komputer menjadi terbebani.

    Solusinya yaitu dengan cara menghapus program-program tidak penting pada pc atau laptop kita, caranya, masuk ke control panel → uninstall program.

  3. Banyak File Sampah
    Jika anda selalu terhubung ke internet, kemungkinan komputer anda telah dipenuhi oleh sampah-sampah yang disimpan di folder temp. Tidak menutup kemungkinan kinerja komputer menjadi sangat lambat karena hardisk yang dipenuhi oleh sampah

    Solusinya, download ccleaner → http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard, install ccleaner lalu jalankan, klik run ccleaner → finish

  4. Kerusakan Komponen komputer
    Kemungkinan lain yaitu ada kerusakan pada komponen komputer, misalnya saja pada hardisk. Jika hardisk anda mengalami kerusakan, secara otomatis kinerja komputer dalam membaca data akan sangat terganggu, sehingga berimbas kepada lemotnya komputer Anda.

    Solusinya, masuk ke windows explorer → klik kanan properties pada salah satu drive → tool → pada error checking klik check now, tunggu sampai selesai. Jika terdapat bad sector, kemungkinan itulah penyebabnya. Kemungkinan terparah anda harus membeli hardisk baru

  5. Virus
    Kemungkinan yang lain adalah program-program jahat yang mengakibatkan leletnya kinerja komputer, solusinya cukup mudah, install antivirus dan pastikan antivirus tersebut selalu diupdate database virusnya.

Oke, itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi komputer yang sangat lemot parah. Pastikan kita merawat baik-baik komputer di rumah agar kinerjanya tidak semakin menurun.

    1 komentar

    1. terima kasih artikelnya
      bisa langsung dicoba di laptop nih
      top info

      BalasHapus